Sains, Teknologi, Seni dan Budaya

KAS_ Abimanyu Lahir

Lakon ini sumbernya masih sumbangan dari mas Santoso (Bandung). Lakon ini masih merupakan pakeliran klasik yang digarap dengan ke-khas-an sang dalang (Ki H Anom Suroto).
Jalan cerita singkat:


Adegan awal merupakan bentuk kebahagiaan dari tiga negri (Dwarawati, Mandura lan Amarta) karena Woro Subadra sedang mengandung anak pertama dan sudah menginjak umur 7 bulan yang sebentar lagi akan melahirkan seorang putra yang sangat dinantikan.
Namun, kedadak..negeri Dwarawati kedatangan musuh dari Plongkawati yang dipimpin prabu Joyo Murcito..yang ingin menjajah Dwarawati.
Namun meskipun mendengar berita tersebut, Werkudara tetap bertapa untuk mendapatkan wahyu Widayat. Setelah berhasil mendapatkan wahyu tersebut, Seno bermaksud menjenguk ke Madukoro untuk melihat anak Arjuna.
Setelah sampai di Madukara, alangkah sedihnya si Sena…ternyata wahyu yang didapat pindah ke anak Arjuna yang masih ada dalam kandungan. Dengan kejadian tersebut, Sena ingin mengangkat anak dari bayi yang dikandung Subadra….tapi Arjuna sangat tidak mengijinkan…sedih hati Werkudara. Dan setelah lahir anehnya si bayi nangis terus. Maka oleh kawicaksanan Sri Kresna, bayi diminta untuk dikasihkan Werkudara…dan Werkudara akan merawat dan menyusui sendiri. Saking sayangnya Werkudara, bayi tersebut dicarikan kerajaan yaitu kerajaan Plongkowati yang dpt direbut dan rajanya bisa dikalahkan Sena. Dan Plongkowati diberikan kepada anak Arjuna.

Nah untuk dapat menikmati cerita lengkapnya SILAHKAN MENGUNDUH DI SINI

Comments on: "KAS_ Abimanyu Lahir" (5)

  1. praptono pambuko said:

    mas suaranya mantap dan jernih……

  2. MAs wayang Abimanyu Lahir kok cuman sampe kaset 8b
    harusnya kan sampe 16b
    yang separo lagi nyarinya gimana

    • listantoedy said:

      mas…setiap rekaman wayang kulit.normalnya 8 kaset dan kalu dikonvert ke MP3 biasanya bisa jadi 8 file atau 16 file….lakon ini ada 16 file juga (dgn nama 1a, 1b…..8a dan 8b) …satu sisi kaset 1 file..cobi dicek lagi…

  3. supardi sutar said:

    kulo nuwun….pak Edy kulo bade ngunduh file ipun nggih .

  4. kawulo pun baskoro, ngaturaken ageng ing panuwun sanget dumateng roko mas prabu, awit sampun download wayang kulit mp3, dalangipun ki anom suroto, wah jan jumbuh saestu kaliyan pepinginan kawulo, sepindah malih ngaturaken matur sembah nuwun, nuwun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: