Sains, Teknologi, Seni dan Budaya

Aku

Blog ini saya buat sebetulnya atas kegemaranku dengan cerita wayang kulit Jawa “khususnya gagrag Surakarta”. Waktu itu masih umur di bawah 10 tahun….sering bapak saya almarhum muter wayangan dari radio….tapi saat itu siapa dalangnya nggak peduli……sing penting wayang…..tapi aneh setiap denger wayang yang diputer bapak…rasanya sangat nyantel sekali cerita tersebut…..apalagi jaman itu..cerita yang ngetop seputar Bale Golo-golo…..dan yang membuat trenyuh saat Kunthi berusaha menjual sebagian rambutnya untuk diganti makan buat si Kembar……Nah ternyata setelah saya telusur…dalang yang memainkan lakon tersebut dan juga merupakan dalang favorit bapak (suwargi) tak lain tak bukan…sang empu dalang…Ki Narto Sabdho. Nah mulai saat itu…saya sangat mengagumi Ki Narto Sabdho bukan karena saya anak bapak (suwargi).

Comments on: "Aku" (26)

  1. widjanarko said:

    Wah makin lama semakin ganteng aja blok panjengan.

    ——————————————————–

    Wah jane dereng nopo-nopo niki…mangke menawi sampun rampung sedayo urusan bade kulo upgrade……

    Edy L

  2. Pak WIdjanarko nembe pacaran nggih sareng ibu rikala taksih timur, gambaripun.

  3. widjanarko said:

    @Nak Imam B : Hua ha ha ……..kok nembe njedul panjenengan. Jare arep tindak Jawa Timur?. Katuran pinarak lho.

  4. Sore mas Edy,
    Mau tanya soal streaming.
    Apa mas Edy tau bagaimana caranya Acara Live (Wayang / Live Karaoke) dijadikan live via streaming? Soalnya saya googling tapi belum nemu juga.

    Rencananya Pagelaran Wayang Kulit ki Enthus tgl 6 Juni besok mau dibuat live via radio sekaligus streaming. Cuma Bingung kalo via streaming caranya gimana ;(

    itu saja. Terima kasih sebelumnya.

  5. praptono pambuko said:

    mas, wah hebat backgroud blog udah diganti….tapi tambah cakep & oke……..mudah2an judul2nya bisa didownload pake mediafire….

  6. Roni Subari said:

    Kulo ndrek sowan Raka Mas Edy, waah perasaan kula asring liwat namung itu gapurane direnovasi, bukan sowan sih, cuma mampir eeeh mampir, nginjen kok, njih mangkeh kula tak thothok-thothok lawange biar dibukakan pintu. Kula remen niku klenenganipun, kepareng mangkeh kula tak sowan maleh. Nuwun

    ———————-
    Matur nuwun pak sampun kersa mampir

  7. ken atik djatmiko said:

    salam kenal mas,
    saya menyukai wayang tp blm mengerti sepenuhnya ttg tokoh dan cerita2nya. Seneng krn visual dan bunyian (gamelan, alaran dll). kalo boleh tolong kabari saya kalo ada info ttg wayang kulit/gbr ilustrasi yg bisa dipamerkan utk bandung Wayang festival april 2011
    maturnuwun

  8. sabar Mulyono said:

    Salam Kenal Mas Edy….
    Nyuwun ijin ngunduh koleksi klonengan lan wayangipun. Matur nuwun sakderenge.

    • listantoedy said:

      Monggo kemawon mas….
      tgl 22 Januari 2011 ing UnKris Jatiwaringin wonten Ki Purbo..ingkang ngawontenaken Yayasan kertagama disponsori Facebooker penggemar Ki Purbo in Jabotabek…

  9. Darso Pasto said:

    Mas Listantoedy,
    Kulo sampun ngunduh beberapa Audio wayang ki nartosabdho, Matur nuwun sakderengipun.
    Nanging kulo perlu judul “Pendadaran Siswo Sukolimo” kok mboten wonten nggih, bilih wonten saget dipun Upload nggih?

  10. Riyanto Tri S said:

    Sugeng enjang Mas Edy.
    Wah tambah lengkap aja Mas koleksi saya, kalau ada ada artikel menarik boleh ya sharing di blog Mas Edy.

    Salam
    Riyanto

    • listantoedy said:

      matur nuwun sampun mampir…monggo mawon mas kalau ada artikel…bisa mas kalau mau sharing…ditunggu mas…

  11. Salam kenal aku juga seneng wayang.

  12. supardi sutar said:

    permisi…..pak Edy wah ternyata blog nya bagus trus lumayan komplit, trus kalau ngunduh file lebih gampang karena lewat mediafire daripada lewat 4share agak kelamaan.

    ini blog bisa buat obat kangen kampung le pak karena koleksinya komplit…
    maaf mau tanya…… pak edy sama mas prabu itu hubunganya apa ya…?

    • listantoedy said:

      Matur nuwun sampun mampir.
      mas Prabu dan saya gak ada hubungannya…cuma karena sama2 penggemar KNS dan ketemu di blog WP..saya diminta jadi salah satu admin saja..dan sekarang dan menjadi saudara sesama penggemar wayang…

  13. mas kulo rizki, badhe nyuwun pasword gatotkaca gugur mediafire. maturnuwun
    gebangtengah@yahoo.co.id

  14. Sugeng ndalu Mas Edy,
    Saya adalah penggemar berat Ki Narto Sabdho. Saya punya beberapa kaset wayang dari Ki Narto yang mungkin sudah bilangan tahun (lebih dari 10 th) nggak pernah saya putar lagi. Terus terang saja saya ingin memiliki beberapa cerita wayang dari Ki Narto dalam format MP3. Untuk itu, bolehkah saya berpartisipasi dalam bentuk dana? Karena kendala waktu jika saya harus download via internet, dapatkah saya mendapatkan dari Mas Edy dalam format MP3-nya? Maturnuwun, dan mohon informasi bagaimana caranya. Salam kenal, Wibowo.

    • listantoedy said:

      Wah sae niku mas….kaset2 ingkang dipun gadahi lakon menapa mawon nggih mas? untuk mendapatkan wayang dalam format MP3 saged mawon…dan kalau mau berpartisipasi…nggih sumangga kersa….dana saged via transfer….

  15. Mas Edy,
    Maturnuwun atas respon-nya. Saya sudah transfer (sekedar ikut berpartisipasi) ke Mas Guntur. Selanjutnya saya juga mendapatkan 1 disk DVD format MP3 dari Mas Guntur yang berisi cerita wayang dari Ki Narto Sabdho (sayangnya ada beberapa file cerita yang nggak lengkap). Beberapa kisahnya telah saya convert ke CD format AIFF, jadi bisa saya dengarkan memakai discman atau pakai disc player biasa. By the way, saya sangat berterimakasih atas kiriman disk MP3 tersebut. Sebagaimana saya telah matur ke mas edy, saya ada koleksi beberapa kaset wayang kulit (masing-2 lengkap) dari ki Narto Sabdho yang sudah tahunan (mungkin lebih dari 10 tahun) nggak pernah saya putar, a.l. : Banjaran Arjuno I dan II, Wirataparwa, Abimanyu Krama, Kresno Duta, Mayangkara, Semar Mbarang Jantur, Dasamuka Lena, Sumantri Ngenger, Karna Tanding, Suyudana – Salya Gugur (2 versi) dan Pandawa Gubah (tidak lengkap karena 4 kaset masih tertinggal di NY-USA). Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih atas perhatian mas Edy dalam hal ini. Salam dari jauh……..Wibowo.

  16. Sugeng tetepangan mas Edy. Kulo saking kitha Surabaya. Penggemar berat dalang Ki Nartosabdho. Mohon infonya, berapa banyak lakon wayang kulit yang sudah di gelar beliau sampai akhir hayat? Dan sudah direkam oleh perusahaan rekaman apa saja? Matur nuwun sakderengipun.

  17. listantoedy said:

    apa bisa saya pinjam Salyo-Suyudana gugur-nya…yang versi selain Kusuma ya…nuwun

    • Mas Edy,

      Saya memang punya 2 versi Salyo-Suyudana. Versi pertama memang rekaman “Kusuma”, dan satunya nampaknya merupakan rekaman lama (saya lupa perekamnya) yang saya dapat dari kiosk Kaset/PH/CD bekas di jln. Surabaya, Jakarta Pusat. Sayangnya kaset no 4 nya tidak ada. Saat ini saya sedang ada di NY – USA (sejak 2 bulan y.l.) dan akan kembali ke Jakarta akhir Mei ini. Nanti akan saya informasikan perekamnya. Kalau mau dikirim, alamat Mas Edy dimana?

      Nuwun dan salam dari jauh,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: